Home Kasongan Desa Tewang Kadamba Jadi Kebun Tambang Emas Ilegal

Desa Tewang Kadamba Jadi Kebun Tambang Emas Ilegal

614
0
SHARE

    Katingan- Akhir pekan ini (5/5), tim poroskalteng.com kembali menyambangi jalan Baun Bango KM 15, kecamatan Katingan Hilir, kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. Tepatnya di desa Tewang Kadamba.

    Di sini, terlihat jajaran tambang emas ilegal yang menggunakan lanting terapung. Seperti diatur berbaris, sekitar 150 lanting terapung saling berdekatan.

    Meski tanpa izin, para pekerja tambang yang didominasi dari wilayah luar Kalteng ini dengan bebas beraktivitas. Tapi ada yang menarik dari perbincangan kami dengan para pekerja di lanting terapung.

    Menurut pekerja, lahan ini disewa dari pemilik tanah atau lebih dikenal dengan dukuh. Para penambang yang ingin melakukan eksplorasi diwajibkan membayar Rp2 juta untuk masuk lokasi dan sewa lahan Rp1,5 juta setiap bulannya.

    Aktivitas penambangan emas tanpa izin ini sudah berlangsung selama satu tahun. Tanah yang berada di kawasan hutan telah rusak. Banyak galian bekas tambang yang dibiarkan. Bukan hijau pepohonan lahi yanh tampak, tapi tanah kering dan tandus yang tersisa.

    Salah satu warga desa yang enggan menyebutkan namanya ini merasa prihatin dengan kondisi di kabupaten Katingan. Para penegak hukum yang harusnya memberikan efek jera dan melindungi masyarakat, seperti tutup mata.

    “Wilayah pelosok Katingan sudah dipenuhi tambang emas ilegal yang dimiliki bos-bos dari kota atau kebun tambang. Mereka bebas beraktivitas. Tak pernah ada razia, atau memang mereka sudah menutup mata para penegak hukum,” tutupnya.(AJS)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here