Home Kasongan Kondisi SDN Banut Kalanaman Sangat Memprihatinkan

Kondisi SDN Banut Kalanaman Sangat Memprihatinkan

117
0
SHARE

    Katingan- Hari ini siswa kelas 6 SD akan mengikuti Ujian Nasional. Termasuk SD Negeri yang terletak di Desa Banut Kalanaman, Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. Di sini, hanya 7 siswa saja yang mengikuti Ujian Nasional.

    Berdasarkan pantauan poroskalteng.com di lapangan, kondisi sekolah yang memprihatinkan membuat banyak orang tua yang enggan menyekolahkan anaknya di SD Negeri tersebut. “Anak saya lebih baik sekolah di swasta, karena bangunan sekolahnya saja banyak yang rusak. Seperti gak diurus oleh pemerintah,” jelas salah satu warga.

    Jumlah siswa dari kelas 1 hingga kelas 6, adalah 36 siswa. Dibandingkan denhan sekolah lainnya, jumlah siswa tersebut bisa ditampung dalam satu kelas. Kondisi bangunan sekolah pun sudah banyak yang rusak. Plafon banyak dibiarkan rusak tanpa perbaikan. Belum lagi meja dan kursi sebagai sarana dan prasarana belajar mengajar masih jauh dari kata layak.

    Subagio, salah seorang warga desa yang juga Ketua Komite Sekolah menjelaskan, soal kerusakan sudah sering kita audensi dengan dinas terkait di kabupaten. “Kita sering usulkan proposal perbaikan, tapi dikembalikan tanpa alasan yang jelas. Atau apa mereka gak lagi peduli dengan pendidikan masyarakatnya,” tegasnya.

    Subagio yang mewakili warga desa berharap pemerintah Kabupaten Katingan bisa segera memperbaiki sekolah tersebut. Agar warga tak perlu jauh-jauh menyekolahkan anak mereka di luar desa.(AJS)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here