Home Kuala Kapuas Ekskavator Terus Berdatangan, Tambang Emas Ilegal Makin Menjamur

Ekskavator Terus Berdatangan, Tambang Emas Ilegal Makin Menjamur

207
0
SHARE

    Kapuas- Para penambang emas ilegal makin masif mengeksplorasi alam kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Karena pemilik tambang ilegal tanpa izin ini terus menerus mendatangkan ekskavator yang difungsikan untuk menggali tanah di area yanh dianggap memiliki kandungan emas.

    Berdasarkan pengamatan poroskalteng.com di desa Bajuh, kecamatan Kapuas Tengah, nyatanya ekskavator melakukan penggalian tanpa perhitungan. Banyak begas galian tambang dibiarkan begitu saja.

    “Kehadiran ekskavator untuk menggali tanah dan batu granit supaya lebih gampang dalam penggarapan mengambil bijih emasnya,” jelas seorang penambang.

    Menurutnya, modal menyewa ekskavator memang besar. Tapi semua terbayar dengan penggalian lahan yang cepat. “Kalo kita sewa ekskavator lebih aman dari razia. Karena rata-rata, kita menyewa ekskavator dari oknum di pemerintahan dan penegak hukum,” jelasnya.

    Udin, salah satu warga merasakan dampak aktivitas tambang emas ilegal. “Jalan banyak yang rusak, karena mereka menggali semaunya. Dan bekas galian dibiarkan saja, kalo hujan itu bisa berbahaya,” jelasnya.

    “Mereka juga beroperasi di tepi jalan poros penghubung antar kecamatan. Kecamatan Kapuas Tengah, Kecamatan Mandau Telawang, Kecamatan Kapuas Hulu,” tegas Udin.(ABD)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here