Home Lintas Kalteng Banjir di Barut Terus Meluas

Banjir di Barut Terus Meluas

86
0
SHARE

    Barito Utara- Banjir akibat luapan Sungai Barito di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, terus meluas. Ketinggian banjir di sejumlah desa di dataran rendah bertambah dan sudah merendam rumah warga.

    “Saat ini banjir memasuki hari kedua terus naik dan merendam sejumlah jalan, bahkan ada sejumlah rumah terendam banjir di kawasan tempat tinggal kami di Kecamatan Teweh Baru,” kata warga.

    Kelurahan Jambu yang terendam banjir yakni di Manggala RT 05 dan RT 06 dengan ketinggian air bervariasi antara 0,5 meter hingga 1,5 meter.

    “Kalau di wilayah hulu atau Kabupaten Murung Raya tidak hujan, maka banjir di daerah ini diperkirakan besok mulai surut,” katanya.

    Sementara banjir yang melanda wilayah Kelurahan Lahei I dan Lahei II Kecamatan Lahei juga terus naik, ketinggian banjir di wilayah Kelurahan Lahei II sekitar 50 centimeter.

    Sementara, berdasarkan pantauan dilapangan, untuk dalam kota Muara Teweh, sejumlah rumah yang berada di dataran rendah juga mulai terendam banjir seperti di Jalan Dahlia Gang Paraguai dan Jalan Panglima Batur, sementara Jalan Imam Bonjol dan Jalan Merak sudah tidak bisa dilewati kendaraan bermotor roda empat dan dua.

    Sementara Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barito Utara Rizali Hadi mengatakan saat ini petugas BPBD sedang melakukan pemantauan dan pendataan daerah yang dilanda banjir di enam kecamatan antara lain Kecamatan Teweh Tengah, Lahei, Lahei Barat, Teweh Selatan, Teweh Baru dan Montallat.

    “Untuk saat ini sebagian besar hanya jalan desa yang terendam banjir, sedangkan rumah dan fasilitas umum lainnya masih didata,” ujar Rizali.(RMD)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here