Home Kasongan TN Bukit Baka Mulai Dirambah, Orangutan Terancam Punah

TN Bukit Baka Mulai Dirambah, Orangutan Terancam Punah

122
0
SHARE

    Katingan- Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sudah menetapkan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya sebagai rumah bagi Orangutan. Artinya hutan tersebut harus terbebas dari praktik illegal logging.

    Tim poroskalteng.com, Jumat (27/4), mencoba menelusuri kawasan hutan yang berada di kecamatan Bukit Raya dan Petak Malai. Kawasan hutan ini ternyata sudah mulai dimasuki pata pelaku illegal logging. Tak tanggung-tanggung, praktik tersebut tak hanya dilakukan oleh masyarakat, tapk juga melibatkan perusahaan kayu.

    Sebagian kawasan hutan telah ditebangi. Bahkan para pelaku illegal logging membuat tempat pengolahan kayu sementara di dekat hutan. Truk-truk terlihat mengangkut kayu-kayu log maupun balok.

    Warga desa Parie mengungkapkan praktik perambahan hutan sudah berlangsung selama 1 tahun lebih. “Kawasan ini masih banyak hewan dilindungi seperti Orangutan. Kalo temoat tinggal mereka sudah ditebang, bukan tak mungkin Orangutan akan punah,” jelasnya.

    Tak hanya itu, warga juga meminta Polisi Hutan yang berada di wilayah Samba untuk lebih sering melakukan patroli. “Kami takut ancaman longsor dan banjir jika pohon-pohon di hutan ditebangi terus. Banjit besar 2017 adalah cobtohnya, 11 kecamatan terendam dan lumpuh,” jelas warga.(AJS)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here