Home Wisata dan Kuliner Nasi Tebiku Khas Lamandau

Nasi Tebiku Khas Lamandau

161
0
SHARE

    Lamandau- Anda pecinta kuliner? Jika anda berkunjung ke kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, jangan lupa mencicipi kuliner-kuliner tradisionalnya. Kali ini kita akan bahas Nasi Tebiku.

    Tepatnya di desa Lopus, Kecamatan Delang,
    selain kondisi alamnya yang masih asri, rupanya daerah ini juga tak luput mempunyai makanan tradisionalnya yang tak kalah nikmat dibandingkan dengan makanan-makanan yang sudah sering kita jumpai di restoran berbintang.

    Masyarakat daerah Delang atau biasa dikenal masyarakat Dayak Tomun menyebut Tebiku yang memiliki arti “Kantong Semar”. Tentu saja proses pemasakan makanan ini melibatkan tanaman yang sering dijumpai di hutan yakni Kantong Semar sebagai bahan wadah utamanya.

    Nasi Tembiku dalam proses pembuatannya dapat memakai beras biasa atau bisa juga dengan ketan. Cara memasaknyapun sama seperti memasak nasi pada umumnya, hanya saja yang membedakannya adalah pemakaian kantong semar sebagai wadah dari pemasakan beras. Secara keseluruhan proses pemasakan memakan waktu kurang lebih 1 jam lamanya.

    Selanjutnya, masyarakat Dayak Tomun biasanya menyajikan menu pendamping lainnya seperti sambal lucung atau dalam bahasa Undonesia dikenal dengan sambal lengkuas, yaitu sambal yang dicampur dengan lucung (lengkuas) yang mana lucung tersebut telah dibakar di dalam bilah bambu.

    Selanjutnya ada pula Ayam Kompuh, yaitu ayam yang telah dimasak dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, lucung (lengkuas), juga beberapa bumbu lainnya kemudian selanjutnya dalam proses pematangan ayam yang telah dibumbui dimasukkan dalam bilah bambu yang telah dibersihkan kemudian dibakar dibara api.

    Nah, itulah beberapa jenis makanan khas Dayak Tomun yang menggugah selera.(***)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here