Home Lintas Kalteng 3 Titik Jalur Pangkalan Bun-Kolam Rusak Parah

3 Titik Jalur Pangkalan Bun-Kolam Rusak Parah

271
0
SHARE

    Kotawaringin Barat- Hujan deras yang mengguyur Pangkalan Bun, kabupaten Kotawaringin Barat , Kalimantan Tengah, dalam satu pekan terakhir menyebabkan beberapa titik jalan Pangkalan Bun-Kolam (atau Jalur Trans Kalteng-Kalbar) menjadi banjir dan rusak parah bak kubangan kerbau. Sejumlah mobil terjebak dalam kubangan lumpur di kilometer 21 dari arah Pangkalan Bun.

    Ada sekitar 3 titik jalan yang rusak dengan panjang yang bervariasi mulai 20-50 meter. Para sopir taksi dan warga harus bahu-membahu mengeluarkan mobil dengan cara ditarik. Namun, upaya tersebut tidak membuahkan hasil. Kubangan lumpur yang mencapai 60 centimeter membenamkan roda mobil. Namun ada juga mobil yang berhasil lolos.

    Sopir taksi rute Sukamara-Pangkalan Bun mengaku harus berjuang keras melintasi jalan tersebut. Mereka terpaksa lewat jalan tersebut untuk mempersingkat waktu dan mengirit biaya operasional. Tapi ternyata justru biaya dan waktunya terbuang.

    “Sudah dua hari ini jalan terendam air setinggi 40-70 cm, kami tertahan di sini, maksudnya ingin memperkecil pengeluaran tapi justru jadi nombok. Bisa saja lewat Lamandau tapi jauh juga meski jalannya bagus,” keluh beberapa sopir.

    Keluhan senada diungkapkan Neni, warga Pangkalan Bun. Dari Kolam hingga Pangkalan Bun ada tiga titik jalan yang rusak parah dan banjir. Dia mengatakan, kerusakan terparah ada di KM 21-24 dari arah Pangkalan Bun. Dirinya berharap Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) harus segera memperbaiki jalan yang rusak dengan cepat.

    “Ada tiga titik yang rusak, kerusakan terparah ya di sini. Tadi malam saja ada enam mobil yang terpaksa menginap di sini. Kemarin sudah diperbaiki, tapi hanya ditimbun tanah, sekarang rusak lagi,” katanya.(RMD)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here