Home Kasongan Buang Limbah ke Parit, Warga Desa Hiyang Bana Tuding Perusahaan Sawit Penyebab...

Buang Limbah ke Parit, Warga Desa Hiyang Bana Tuding Perusahaan Sawit Penyebab Banjir

227
0
SHARE

    Katingan- Jalan penghubung yang terletak di desa Hiyang Bana, kecamatan Tasik Payawan, kabupaten Katingan, terendam banjir.

    Jalan ini merupakan jalan utama bagi warga untuk menuju ke Kasongan, pusat kota kabupaten Katingan. Banjir sendiri disebabkan hujan turun dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Kalimantan Tengah. Hal tersebut juga diperparah dengan kondisi parit yang tidak pernah dilakukan pengerukan sedimentasi lumpur.

    Tak hanya jalan, banjir juga merendam sebagian rumah warga yang berada di dekat parit. Menurut Rahmat, warga desa Hiyang Bana, banjir sudah sering terjadi kalau hujan berlangsung lama. “Karena air tidak mengalir akibat parit sudah penuh dan dangkal. Belum lagi parit ini juga tempat pembuangan limbah PT Arjuna Utama Sawit,” jelasnya.

    “Mereka buang langsung ke parit, karena gak punya saluran yang langsung ke Sungai Katingan. Jadi hujan sedikit pun banjir wilayah ini,” jelas Rahmat yang bersiap mengungsi jika banjir tak juga surut.

    Sementara itu, Hana yang juga warga desa Hiyang Bana menduga banjir diakibatkan pembukaan lahan baru perusahaan sawit. “Pembukaan blok C PT Arjuna Utama Sawit. Ini kam gak bener, harusnya aparat desa atau pemerintah menertibkan perusahaan yang buang limbah sembarangan,” tutupnya.(AJS)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here