Home Kasongan Ponton Tambang Emas Ilegal Penuhi Sungai Katingan, Warga Tak Bisa Lagi Manfaatkan...

Ponton Tambang Emas Ilegal Penuhi Sungai Katingan, Warga Tak Bisa Lagi Manfaatkan Sungai

976
0
SHARE

    Katingan- Kerusakan tak hanya bisa dijumpai di darat saja. Hal itu jelas terlihat di daerah aliran sungai (DAS) Katingan.

    Minggu (22/4), tim poroskalteng.com menelusuri sepanjang DAS Katingan. Di desa Buntut Bali, kecamatan Pulau Malan, tim menjumpai puluhan penambang emas ilegal. Eksplorasi secara masif terlihat dari jajaran ponton terapung yang dioperasikan. Jajaran ponton itu terlihat banyak dan memenuhi sungai.

    Menurut para nelayan yang berasal dari desa dekat lokasi menjelaskan, kegiatan tambang emas tanpa izin ini sudah berlangsung selama 2 bulan. Akibat makin menjamurnya ponton itu, hasil tangkapan kami berkurang. “Sejak beroperasinya ponton terapung itu, susah kami mendapat ikan. Mungkin karena air sungai sudah tercemar limbah kimia dari tambang emas itu,” jelasnya.

    Sepanjang sungai, tim melihat masih banyak warga yang memanfaatkan air sungai untuk kebutuhan sehari-hari termasuk mencuci. “Warga desa menggunakan air sungai untuk minum, mandi dan mencuci. Air sungai pun mulai bau, seperti limbah yang digunakan tambang emas iti,” jelas warga lainnya.

    Warga berharap, penegak hukum berani bertindak terhadap para penambang emas ilegal ini. “Sudah jelas mereka merusak sungai yang setiap hari kami manfaatkan,” tutup warga.(AJS)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here