Home Kuala Kapuas Bangunan Rusak Parah, SDN 1 Palangkai Kapuas Ditinggalkan Siswanya

Bangunan Rusak Parah, SDN 1 Palangkai Kapuas Ditinggalkan Siswanya

524
0
SHARE

    Kapuas- Pembangunan terutama di bidang pendidikan, rupanya belum menyentuh hingga ke pelosok wilayah Kalimantan Tengah. Padahal, pendidikan adalah salaj satu hak yang hatus dipenuhi negara kepada rakyatnya.

    Seperti SDN 1 Palangkai yang terletak di kecamatan Pulau Petak, kabupaten Kapuas ini. Kondisi sekolah yang dibangun sejak 1980 ini, belim sekalipin tersentuh anggaran renovasi dari pihak Dinas Pendidikan kabupaten Kapuas maupun provinsi Kalimantan Tengah.

    Berdasarkan pantauan poroskalteng.com, sekolah ini hanya memiliki 2 ruangan. Dua ruangan digunakan untuk kegiatan belajar mengajar dari siswa kelas 1 hingga kelas 6. Sementara satu ruangan lagi digunakan untuk ruangan guru dan perpustakaan.

    Meski dalam keterbatasan, para siswa tetap semangat melakukan kegiatan belajar mengajar. Harapan mereka satu, pemerintah harus segera memperhatikan hak pendidikan kami di pelosok. “Kami harap Bupati atau Gubernur mau datang ke pelosok Kapuas. Biar mereka liat langsung kondisi sekolah kami. Layak kah buat belajar,” pinta para siswa.

    Hal serupa juga diungkapkan Kepala Sekolah SDN 1 Palangkai, Muhammad Rizki Yuniarto S.pd. “Sekolah ini sudah rusak berat dan tak layak pakai. Namin kami tetap gunakan, karena tidak ada bangunan lainnya,” jelasnya.

    Rizki berharap bantuan dari Dinas Pendidikan, karena bangunan yang rusak banyak orangtua siswa memilih sekolah lain meski lebih jauh. “Setiap tahun sekolah kami ditinggalkan para siswa. Katena orangtua mereka lebih memilih sekolah swasta yang lebih layak bangunannya,” tutupnya.

    Rizki dan pata siswa meminta pemerintah segera merehabilitasi total sekolah SDN 1 Palangkai. Agar proses belajar mengajar bisa berjalan lancar.(ROM)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here