Home Kasongan Penambang Emas Liar di Kalaru Mulai Gunakan Ekskavator

Penambang Emas Liar di Kalaru Mulai Gunakan Ekskavator

226
0
SHARE

    Katingan- Setelah memyambangi desa yang terletak di hulu Katingan, tim poroskalteng.com, Rabu (18/4), berhasil memasuki lokasi tambang ilegal di Kalaru.

    Terlihat jajaran ekskavator sudah mulai beroperasi. Alat berat yang digunakan untuk menggali tanah ini didatangkan melalui jalan Galangan KM 18, tepatnya jalan menuju desa Baun Bango, kecamatan Kamipang.

    Dengan leluasanya, truk-truk menaikkan alat berat ke lokasi tambang. Eksplorasi besar-besaran tambang emas ilegal, tak hanya merusak lingkungan darat, juga menyebabkan pencemaran di Sungai Katingan. Padahal, lokasi tambang emas ilegal ini masuk wilayah hukum Polsek Tasik Payawan dan Kamipang.

    Menurut warga sekitar tambang, air Sungai Katingan sudah mulai tercemar zat kimia yang digunakan penambang emas ilegal tersebut. “Beberapa kali kami jumpai ikan-ikan mati, biasanya ketika jam operasional tambang emas ilegal tersebut berlangsung nonstop selama beberapa hari,” jelasnya.

    Padahal aliran Sungai Katingan banyak dimanfaatkam warga di sepanjang daerah aliran sungai sebagai sumber kehidupan. Miris memang, tapi itulah kenyataan yang dialami sebagian besar warga di kabupaten Katingan. Tanpa adanya gerak dari para penegak hukum, bukan tak mungkin para penambang emas ilegal memperluas wilayah eksplorasinya dan menyebabkan kerusakan lingkungan yang lebih parah.(AJS)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here