Home Kuala Kapuas Gedung Hampir Roboh, SDN 1 Pantai Kab. Kapuas Belum Juga Diperbaiki

Gedung Hampir Roboh, SDN 1 Pantai Kab. Kapuas Belum Juga Diperbaiki

373
0
SHARE

    Kapuas- Sepintas bila kita melihat dari kejauhan, tampak bangunan yang terbuat dari papan itu, seperti layaknya sebuah bangunan peternakan ayam. Namun setelah diperhatikan secara seksama, ternyata bangunan tersebut adalah sebuah gedung sekolah, yaitu Sekolah Dasar Negeri I Pantai, yang terletak di desa Pantai, kecamatan Kapuas Barat, kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Bangunan yang berdiri sejak 35 tahun lalu, kini keadaannya sudah muaki hancur dimakan usia.

    Dimana hampir keseluruhan bangunan yang berdinding kayu tersebut sudah tampak usang, atap yang sudah ditambal sulam antara seng dan kayu sirap itu sudah banyak yang bocor dan malah hilang.


    Kepala SDN 1 Pantai, Utasman sudah beberapa kali mengajukan permohonan perbaikan gedung sekolah tersebut pada dinas terkait di kabupaten Kapuas, namun kenyataannya hingga kini belum juga mendapat respon positif dari pemerintah setempat. “Belum ada jawaban untuk perbaikan,” jelasnya kepada poroskalteng.com, Jumat (13/4).

    Gedung sekolah yang menaungi sekitar 102 siswa ini sangatlah memprihatikan. “Kami, sangat kecewa dengan ketidak pedulian pemerintah terhadap fasilitas sekolah, yang mana seharusnya sekolah merupakan tempat mendapatkan ilmu akan tetapi kenyataannya sekokah ini jauh dari kata layak untuk dijadikan sekolah,” jelas salah satu orang tua siswa.

    Padahal, SDN 1 Pantai hanya berjarak kurang lebih 40 kilometer dari ibu kota kabupaten Kapuas. Utasman membeberkan, diantara sekian banyak ruangan kelas di bangunan tersebut, ada beberapa ruangan yang sangat mengkhawatirkan, yaitu ruangan kelas 2 dan ruangan guru, yang mana bila tidak segera dibenahi akan runtuh dengan sendirinya.

    Bukan hanya para guru dan juga kepala sekolah yang prihatin terhadap bangunan sekolah tersebut, akan tetapi masyarakat sekitar pun sangat berharap pada pemerintah agar segera melakukan pembangunan sekilah baru di desa mereka, karena mengingat pentingnya sekolah bagi pendidikan generasi penerus bangsa.(ABD)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here