Home Wisata dan Kuliner 4 Kuliner Fermentasi Khas Kalimantan Penggugah Selera

4 Kuliner Fermentasi Khas Kalimantan Penggugah Selera

437
0
SHARE

    Palangkaraya- Kalimantan Tengah terkenal dengan berbagai macam kuliner yang menggugah selera. Namun, orang Kalimantan tak hanya menyukai makanan yang untuk disantap seketika selesai dimasak. Mereka juga menyukai makanan hasil fermentasi. Berikut ini 4 kuliner fermentasi khas Kalimantan.

    1. Mandai

    Mandai adalah makanan hasil fermentasi kulit cempedak. Makanan ini sering dijumpai di Kalimantan Tengah, Kalimantan selatan dan Kalimantan Timur. Kulit cempedak ini difermentasi secara alami dengan tambahan garam. Sebelum disajikan, mandai biasanya digoreng atau ditumis terlebih dahulu. Rasanya masam dan agak asin. Semakin mantap bila dinikmati dengan sambal bawang putih.

    2. Cencalu

    Kuliner yang satu ini paling banyak dijumpai di daerah Kalimantan Tengah, seperti Kotawaringin Barat dan Sukamara, dan Kalimantan Barat. Cencalu terbuat dari udang papai (ebi) yang difermentasi dengan tambahan garam. Bisa dimakan begitu saja setelah difermentasi. Tapi cencalu lagi lezat jika disajikan dengan cara ditumis dengan bawang dan cabai. Rasanya khas udang dengan sensasi manis, asam dan asin.

    3. Tempoyak

    Tempoyak adalah kuliner yang muncul hanya pada saat musim durian. Tempoyak merupakan makanan fermentasi yang terbuat dari buah durian. Kuliner ini dapat ditemui hampir merata di seluruh Kalimantan. Bahkan juga dapat ditemui di beberapa daerah di luar Kalimantan seperti Sumatera. Daging durian difermentasi dengan garam dan cabe yang sudah dihaluskan. Tempoyak biasanya disajikan sebagai sambal. Rasanya manis khas durian, agak asin, asam dan pedas.

    4. Pakasam

    Pakasam adalaha kuliner fermentasi yang berbahan dasar ikan. Ikan yang digunakan bisa ikan apa saja. Namun, umumnya ikan papuyu. Ada juga yang menggunakan ikan teri segar. Berbeda dengan 3 kuliner fermentasi sebelumnya, pakasam juga difermentasi secara alami, dengan tambahan garam dan beras yang sudah disangrai dan dihancurkan.

    Pakasam banyak ditemui di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Pakasam biasanya disajikan dengan cara digoreng atau sesuai selera. Rasanya tentu saja asin dan sedikit asam.

    Jadi, silakan coba sekaligus menu makan siang hari ini,  dengan tumis mandai, lauk pakasam plus sambal tempuyak, dan tidak lupa tambahan cencalu.(RMD)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here