Home Kasongan Illegal Logging Makin Marak di Katingan

Illegal Logging Makin Marak di Katingan

112
0
SHARE

    Katingan- Desa Jahajang, kecamatan Baun Bango, menjadi pusat illegal logging di wilayah Katingan. Hutan di wilayah ini sudah habis ditebangi para perambah liar. Beragam jenis kayu diambil untuk diolah menjadi balok kayu siap jual. Aktivitas itu sudah berlangsung lama, namun belum pernah sekalipun ditertibkan aparat kepolisian ataupun dinas terkait.

    Tak hanya di situ, tim poroskalteng.com pun menyambangi Kereng Pangi. Di lokasi ini, terlihat para penebang liar mulai membongkar kayu-kayu masak siap jual ke mobil pengangkut.

    Menurut warga, aktivitas penebang liar ini berlangsung selama 24 jam. “Gak pernah berhenti mereka bongkar muat. Meski tanpa izin untuk merambah hutan,” jelas warga yang tak mau disebutkan namanya.

    Bahkan, berdasarkan pengakuan warga, aktivitas bongkar muat kayu ilegal ini diketahui oleh petugas Pospol Baun Bango, tapi tak pernah ada tindakan. “Petugas yang jaga hanya melihat saja. Mungkin sudah ditutup oleh pemilik kayu ilegal tersebut,” ujarnya.

    Slogan Katingan Kota Hijau pun bisa jadi hanya tinggal slogan. Aktivitas perambahan ilegal secara masif membuat ratusan hektare hutan menjadi gundul.

    Warga sekitar hutan hanya berharap, pihak kepolisian atau pemerintah daerah melakukan penertiban, jangan hanya didiamkan saja.(AJS)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here