Home Kasongan Dekat Mapolres Katingan, Gudang Pengolahan Pasir Puya Ilegal Beroperasi 24 Jam

Dekat Mapolres Katingan, Gudang Pengolahan Pasir Puya Ilegal Beroperasi 24 Jam

266
0
SHARE

    Katingan- Aktivitas gudang pasir zircon atau yang lebih dikenal pasir puya ilegal di wilayah Katingan Kereng Pangai, masih banyak terlihat. Bahkan, tak segan-segan, para pekerja melakukan aktivitasnya hingga 24 jam.

    Gudang yang mengolah pasir puya ini terletak di desa Hampalit, kecamatan Katingan Hilir. Tak hanya mengolah hasil tambang dari wikayah Kagingan, para pemilik tambang juga mendatangkan pasir puya dari sungai Moroy. Bahkan secara terang-terangan melintas dari kota cantik Palangkaraya menuju kabupaten Katingan.

    “Aktivitas di sini sudsh berjalan 2 tahun. Untuk mengangkut pasir puya dari Palangkaraya biasa kami main di malam hari pukul 12.00 WIB dan tiba di Katingan pukul 03.00 WIB,” ujar salah satu pekerja gudang.

    Mengangkut pada malam hari, menurut pekerja tersebut lebih aman dan minim pemeriksaan petugas kepolisian. “Jam segitu untuk angkut pasir puya aman, kita juga dibekali uang jika tertangkap. Tapi jarang tertangkap, lolos terus, mungkin bos kami sudah bayar ke pegugas,” tutupnya.

    Dalam seminggu, tim poroskalteng.com yang memantau kegiatan gudang tersebut menghitung total 20 truk yang bongkar muat. Kalo dihitung, kemungkinan dalam seminggu bisa mencapai ratusan ton yang diolah.

    Mirisnya lagi letak gudang-gudang tersebut tidak jauh dari Mapolres Katingan.(AJS)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here