Home Kuala Kapuas Kabupaten Kapuas Dipenuhi Tambang Emas Ilegal, Warga Yakin Penegak Hukum Sengaja Tutup...

Kabupaten Kapuas Dipenuhi Tambang Emas Ilegal, Warga Yakin Penegak Hukum Sengaja Tutup Mata

559
0
SHARE

    Kapuas- Penambangan ilegal atau lebih sering disebut “PETI” ini, nyatanya masih banyak tersebar di kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

    Buktinya, bukan hanya ditemukan di kecamatan Pujon saja yang selama ini disebut-sebut sebagai pusat penambangan emas dengan skala besar. Berdasarkan pantauan poroskalteng.com, untuk di kabupaten Kapuas sendiri terdapat empat titik yang bisa ditemui banyaknya aktivitas para penambang yang menggunakan alat berat. Empat lokasi yang dimaksud adalah di kecamatan Kapuas Tengah, kecamatan Mandau Telawang, kecamatan Kapuas Hulu dan juga di kecamatan Pasak Telawang.

    Di lokasi-lokasi ini, penambang bukan hanya menggunakan mesin kecil guna menyedot biji-biji emas yang terdapat di dalam tanah tersebut, akan tetapi secara terang-terangan pekerja tambang ilegal ini menggunakan alat ekskavator guna mendapatkan emas dalam skala besar.

     

    Aktivitas besar-besaran ini dilakukan secara terang-terangan. Bahkan para pekerja yang kebanyakan berasal dari luar Kalimantan Tengah ini seperti tidak takut dengan polisi atau penegak hukum lainnya.

    “Kita sudah bekerja di sini selama tiga tahun, dan tidak ada penertiban dari polisi maupun aparat pemerintah daerah. Mungkin mereka sudah dapat jatah,” ujar pekerja yang enggan disebutkan namanya.

    Imbas penambangan ilegal sangat dirasakan oleh masyarakat. Bekas galian tambang meninggalkan lubang-lubang besar. Jika musim hujan, air di lubang seperti danau ini seringkali meluap dan menyebabkan banjir.

    Ahmad, warga sekitar tambang menjelaskan kondisi jalan akses desa hancur karena sering dilalui alat berat. Bahkan sebagian jalan hampir putus dan tidak bisa dilalui.

    “Kami hanya bisa berharap sekiranya pemerintah terkait agar segera mengambil tindakan tegas terhadap pelaku penambang-penambang ilegal tersebut,” ujar Ahmad.(ABD)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here