Home Lintas Kalteng Awas, Pengedar dan Pemakai Zenith Dijerat UU Narkotika

Awas, Pengedar dan Pemakai Zenith Dijerat UU Narkotika

805
0
SHARE

    Palangkaraya- Peringatan keras bagi pengedar maupun pembeli Carnophen atau yang lebih dikenal Zenith, pasalnya obat jenis tersebut telah dikategorikan sebagai narkotika golongan I nomor urut 146, mulai tanggal 5 Maret 2018 lalu.

    Kapolres Palangkaraya AKBP Timbul RK Siregar mengatakan, pengedar maupun pembeli sudah dapat dijerat dengan UU RI nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika. Hal itu berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Indonesia nomor 7 Tahun 2018 tentang Perubahan penggolongan Narkotika, disebutkan bahwa carisoprosodol yang terkandung dalam zenith, somadril, dan PCC, dimasukan dalam narkotika golongan I nomor urut 146.

    “Setiap orang yang tanpa hak memiliki, menyimpan, menguasai atau menyediakan narkotika golongan I bukan tanaman, dan di situ ada zenith itu tadi bisa dijerat dengan Undang-Undang narkotika, ” kata Kapolres Palangkaraya AKBP Timbul RK Siregar didampingi Kabag Ops Kompol Purwanto, dan Kasat Narkoba AKP Gatoot Sisworo, Kamis (29/3).

    Sebelumnya Zenith diatur dalam Undang-Undang Kesehatan yang hanya dapat menjerat penjual atau pengedar saja. “Saat ini Zenith sama saja dengan ekstasi, sehingga pembeli yang tidak dapat dijerat dengan peraturan apapun dapat dijerat dengan Undang-Undang Narkotika,” jelas Timbul.(AGS)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here