Home Kuala Kapuas KLB Flu Babi, Warga Kapuas Diminta Lebih Waspada

KLB Flu Babi, Warga Kapuas Diminta Lebih Waspada

606
0
SHARE

    Kapuas- Terkait dengan kematian Sariyem (58) warga Desa Tambun Raya, KM 7, Kecamatan Basarang, akibat virus flu babi, pihak Kabupaten Kapuas pun menetapkan status KLB flu babi.

    Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kapuas Tri Setia Utami, Rabu (28/3) kepada poroskalteng.com menjelaskan, kasus ini ditetapkan berstatus KLB karena sebelumnya belum pernah ada satupun laporan kasus ini di Kapuas. “Dengan penetapan status ini, maka masyarakat Kapuas diminta waspada,” ungkapnya.

    Dokter Tri turut mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dengan memastikan asupan gizi dan istirahat yang cukup. Supaya daya tahan tubuh terjaga. Sehingga semua jenis penyakit akan susah masuk ke dalam tubuh.

    “Seringlah cuci tangan karena virus bisa menyebar melalui sentuhan seperti saat bersalaman. Kita juga menghimbau jemaah umrah atau haji, saat pulang ibadah walaupun sehat disarankan untuk melapor ke puskesmas terdekat. Ini agar kesehatan mereka diperiksa, sehingga jika ada gejala penyakit bisa langsung ditangani,” pesan Tri.

    Sementara bagi jemaah haji dan umrah, untuk mencegah penularannya menurut Tri, jemaah wajib menggunakan masker, apalagi cuaca di Arab Saudi sangat panas. “Kemudian jika kita terserang flu, gunakanlah masker agar virus tidak terbang ke mana-mana. Sebab saat flu kita tidak tahu virus apa yang menyerang kita,” tutupnya.(RMA)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here