Home Kasongan Petambang Ilegal Gunakan Ekskavator, Hutan Katingan Rusak Parah

Petambang Ilegal Gunakan Ekskavator, Hutan Katingan Rusak Parah

218
2
SHARE

    Katingan- Penelusuran tim poroskalteng.com terhadap tambang emas ilegal di Katingan masih berlanjut. Sabtu (24/3), tepatnya di KM 8 jalan Samba, kecamatan Katingan Tengah, terlihat para petambang dengan leluasa menggunakan ekskavator untuk mengeruk tanah. Tapi kegiatan tersebut menimbulkan dampak kerusakan hutan. Karena pohon-pohon ikut tergerus tanah.

    Berdasarkan pantauan di lapangan, setiap harinya terdapat 6 unit ekskavator yang menggali tanah. Dan kegiatan ini sudah berlangsung selama bertahun-tahun.

     

    Hutan di wilayah Katingan hampir seluas 500 hektare yang rusak akibat penambangan ilegal. Tapi lagi-lagi, mereka tidak pernah tersentuh para penegak hukum dan pemerintah daerah. Tak tanggung-tanggung pemilik tambang mengoperasikan 400 unit dopeng.

    Sepertinya semboyan Katingan Kota Hijau sekarang hanya tinggal kenangan. Jika tak ada ketegasan dari penegak hukum dan pemerintah daerah, bukan tak mungkin alam di Katingan akan semakin rusak.(AJS)

    2 COMMENTS

    1. Sedikit instruksi … Mnrut sya tambang ilegal tidak merusak semuanya karna ap emas itu ada jalurnya klau ada berita yg mngatakan tambang merusak segalanya itu salah… Sedikit kita bandingkan dengan perusahaan kelapa sawit … Jangan pohon rumputpun hbis di tebas bahkan lebih luas dari tambang 70% masarakat mencari nafkah lewat tambang… Sisanya mngambil hasil dari penambang …

      • Terima kasih atas masukannya, tapi penggunaan sianida dan merkuri jelas akan berimbas pada lingkungan untuk jangka waktu yang lama

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here