Home Lintas Kalteng Terkait Penataan Desa, DPMDes Kalteng Terima Kunjungan Anggota DPRD Kab. Balangan Kalsel

Terkait Penataan Desa, DPMDes Kalteng Terima Kunjungan Anggota DPRD Kab. Balangan Kalsel

96
0
SHARE

    Pulang Pisau- Anggota DPRD Komisi I, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis (22/3), melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMDes) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), Kalimantan Tengah.

    Kunjungan Anggota DPRD Komisi I, Kabupaten Balangan ini dalam rangka memahami permasalahan umum penataan Desa yang meliputi pembentukan, penghapusan, penggabungan, perubahan status dan penetapan desa sehubungan dengan Undang-Undang Nomor.06 tahun 2014 tentang Desa dan Permendagri Nomor.01 tahun 2017 tentang Penataan Desa.

    Ketua Komisi I, DPRD Balangan Rusdiansyah mengatakan, di daerahnya ada kegiatan tambang khususnya tambang batubara, pada kawasan tambang itu juga ada beberapa desa yang dimungkinkan akan tergusur (hilang). “Area tambang batubara itu ada satu desa yang bisa kita katakan hampir hilang (tergusur). Untuk itu kedatangan kami ini ingin mempertanyakan tentang bagaimana cara melakukan legalitas tersebut,” kata Rusdiansyah.

    Menurut Rusdiansyah, terkait legalitas apakah itu harus dihapus atau dilakukan penggabungan desa tetangga lainnya. Disamping itu, kata Rusdiansyah, Kabupaten Balangan merupakan wilayah pertambangan, jadi pihaknya juga ingin belajar tentang wiayah batas-batas desa. Diakuinya bahwa selama ini juga ada konflik antara wilayah desa sebelah dan desa yang lainnya.

    Dengan adanya penataan batas desa itu (akurat) nantinya, mungkin kata Rusdiansyah, tidak ada lagi pelebaran-pelebaran atau saling memperluas desa mereka masing-masing. Dengan adanya tambang tersebut, tentunya sangat berkonstribusi buat perekonomian masyarakat desa. Untuk itu pihaknya membuat suatu Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif tentang kelembagaan adat.

    “Kami ingin belajar juga tentang kelembagaan adat desa, khususnya tentang hak ulayat tanah dan lainnya,” ujarnya.

    Rusdiansyah mengakui, cukup banyak masukan dari Kepala DPMDes dan pendamping Desa, terutama terkait tetang Permendagri RI atau Undang-Undang yang mengatur baik tentang penghapusan maupun penggabungan desa tersebut.

    Terkait tentang wilayah batas desa, maka pihaknya akan kembali berkoordinasi dengan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Balangan terutama kepada Sekretaris Daerah (Sekda) maupun Asisten Bidang Pemerintahan di Kabupaten Balangan untuk membentuk tim terkait masalah tata batas itu.

    “Kami sangat mengapresiasi dengan sambutan yang diberikan oleh DPMDes Pulpis. Mengapa kami melakukan Kunker kesini, karena secara wilayah geografisnya sama dengan kabupaten kami dan umur kabupaten pun sama baru dimekarkan,” kata Rusdiansyah.

    Sementara Kepala DPMDes Pulpis , HM. Syaripul Pasaribu mengapresiasi kunjungan dari DPRD Kabupaten Balangan tersebut.
    Pihaknya menyadari bahwa juga perlu ingin mengetahui daerah lain, siapa tahu yang menjadi persoalan di daerah ini ada solusinya.

    “Sebaliknya persoalan mereka kita pun ada solusinya. Kunjungan DPRD Kabupaten Balangan ini sangat mengapresiasi dan kita menyambut baik, terutama membangun tali silaturahmi kita. Kita juga ikut memberikan solusi, diantaranya masalah desa yang sudah ditinggalkan dan lain sebagainya,” katanya.(BHR)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here