Home Lintas Kalteng Kapolres di Kalteng Terima Gelar Kehormatan Adat

Kapolres di Kalteng Terima Gelar Kehormatan Adat

233
0
SHARE

    Palangkaraya- Peringatan HUT Polda Kalimantan Tengah ke-23 yang dilaksanakan di halaman Mapolda Kalteng, Kamis (21/3). Dalam acara tersebut, Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Tengah, Agustiar Sabran memberikan gelar kehormatan Dayak kepada seluruh Kapolres di Bumi Tambun Bungai, dengan gelar Mantir Panambahan Karambang Lewu Mandereh Danum.

    Gelar tersebut memiliki arti, warga kehormatan Dayak Kalteng, yang dipandang mampu menjaga keamanan dan ketertiban serta bertanggungjawab sebagai pelindung, pengayom dan penegakan hukum dalam rangka meningkatkan harkat dan martabat masyarakat adat Dayak di Kalteng.

    Menurut Agustiar, penganugerahan gelar kehormatan tersebut merupakan salah satu bentuk penghormatan dan kepercayaan masyarakat adat Dayak Kalteng, sebagai dukungan moral dalam pelaksanaan tugas dan fungsi kepolisian.

    Hal tersebut dalam rangka menjaga ketentraman dan ketertiban di Kalteng, dengan terus menjunjung tinggi nilai-nilai belum bahadat sesuai filosofi huma betang dalam bingkai NKRI.

    Sementara itu Kapolres Palangkaraya, AKBP Timbul RK Siregar memberikan apresiasi yang sangat besar atas kepercayaan masyarakat adat Dayak, dengan memberikan gelar kehormatan tersebut, karena dianggap mampu mewujudkan keamanan dengan berbasis kearifan lokal ,bekerjasama dengan masyarakat adat di Kota Palangkaraya.

    “Kepercayaan ini akan kita jaga benar sehingga Kota Palangkaraya benar-benar terjaga aman, tertib dan lancar,” ujarnya.

    Pernyataan senada juga diungkapkan Kapolres Kapuas, AKBP Sachroni Anwar. Penghargaan yang diterimanya merupakan suatu kebanggan yang sangat luar biasa.

    “Ini suatu kehormatan bagi pribadi saya. Mudah-mudahan bisa amanah dengan gelar yang diberikan kepada saya,”imbuhnya.(RMD)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here