Home Lintas Kalteng Polres Pulpis Deklarasikan Gerakan Anti Hoaks

Polres Pulpis Deklarasikan Gerakan Anti Hoaks

62
0
SHARE

    Pulang Pisau- Kepolisian Resort (Polres) Pulang Pisau, Minggu (18/3) malam, menggelar deklarasi anti hoaks di Lapangan Handep Hapakat, Jalan Oberlin Metar, Kota Pulpis.

    Ini mengingat semakin maraknya berita hoaks dan ujaran kebencian serta isu SARA yang berkembang di lingkungan masyarakat, terlebih lagi di media sosial (medsos).

    “Penyebaran berita hoaks biasanya dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab yang bertujuan untuk memecah belah NKRI. Sehingga hal itu, bisa menjadi momok bagi bangsa dan negara. Dari itu, jangan percaya dan mudah terhasut dengan berita hoax,” ucap Kapolres Pulpis, AKBP Dedy Sumarsono, kepada sejumlah awak media usai giat deklarasi.

    Menurutnya, dengan digelarnya deklarasi anti hoaks ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak mudah percaya maupun terpengaruh dengan berita yang beredar di media sosial yang tidak jelas asal usulnya, seperti di Facebook, Twitter, Instagram, dan media sosial lainnya. Terlebih lagi dengan berita-berita yang menjurus pada perpecahan dan konflik.

    “Digelarnya deklarasi ini juga sebagai upaya menangkal berita hoaks dan ujaran kebencian di Bumi Handep Hapakat,” tandasnya.

    Adapun ancaman bagi penyebar hoaks, ungkap Kapolres Pulpis, dalam bab ketentuan pidana pada UU ITE No. 11 Tahun 2008, pasal 45 ayat 2. Setiap orang yang memenuhi unsur dimaksud dalam pasal 28 ayat 1 atau ayat 2 maka dipidana paling lama 6 tahun atau denda Rp1 miliar.

    “Bagi pelaku penyebar hoaks akan dipidana paling lama 6 tahun dan denda satu miliar rupiah. Nah untuk mencegah itu maka kita gelar deklarasi anti hoaks ini,” pungkasnya.

    Pada kesempatan itu, dirinya juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat, untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban bersama, apalagi menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

    “Intinya jangan sampai terpancing dengan hal-hal yang bisa memecah-belah persatuan dan kesatuan masyarakat di Bumi Handep Hapakat ini,” tukasnya.

    Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Kahayan Hilir, Ketua KPU, Periwa Penghubung (Pabung), Pihak Kejaksaan, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan para awak media serta ratusan elemen masyarakat Pulang Pisau yang berkesempatan hadir pada acara deklarasi anti hoax dengan tema; Kami Indonesia, Kami Pancasila, Kami Anti Hoaks.

    Di akhir giat, Kapolres Pulpis, Pabung dan seluruh yang hadir pada acara tersebut mengikrarkan anti hoaks dan sekaligus membubuhi tanda tangan bersama sebagai tanda sepakat melawan berita hoaks.(BHR)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here