Home Lintas Kalteng Aksi Solidaritas Mahasiswa Kawal Pilkada 2018

Aksi Solidaritas Mahasiswa Kawal Pilkada 2018

110
0
SHARE

    Palangkaraya- Sekitar 50 orang perwakilan mahasiswa dari tiga universitas di Palangkaraya, yaitu Universitas Palangkaraya, Universitas Muhammadiyah, serta IAIN Palangkaraya, melakukan aksi solidaritas di jalan Katamso, tepatnya di depan istana Gubernur Kalteng, Kamis (8/3).

    Dalam aksinya, mahasiswa menyatakan ikut serta dalam mengawal pemilihan kepala daerah/kota yang ada di Kalimantan Tengah. Mahasiswa terus memantau pergerakan money politik yang mungkin saja dilakukan para pasangan calon (paslon) yang ingin menambah suara secara curang dalam pilkada tersebut.

    Ijul Amirul, Korlap BM Kota Palangkaraya menjelaskan, money politik yang dilakukan oleh paslon-paslon yang ikut pilkada sering ditemukan. “Kalau saat ini belum ada ditemukan, tapi tidak menutup kemungkinan menjelang bulan juni atau mendekati pemungutan suara, akan ada saja kecurangan-kecurangan yang dilakukan oleh tim sukses paslon, dan kejadian seperti itu sudah sering terjadi,” jelasnya.

    Sementara itu, Kapolres Palangkaraya AKBP Timbul RK Siregar menegaskan, dari awal kami sudah membentuk satgas money politik guna melakukan pengawasan baik di KPU maupun di Bawaslu, dan juga di posko-posko pemenangan paslon. “Pihak kepolisian selalu mengantisipasi dengan melakukan pengamanan serta pemantauan di beberapa kantor kecamatan yang dianggap rawan adanya money politik pilkada,” tegasnya.

    “Sementara ini ada dua kecamatan di kota Palangkaraya yang dianggap rawan dengan permainan curang dalam melakukan pengawalan pilkada damai,” ungkapnya.

    Timbul pun berpesan pada seluruh warga kota Palangkaraya, bila menemukan adanya pasangan calon wali kota dan wakil wali kota yang melakukan kecurangan atau memberikan imbalan atau melakukan money politik, agar segera melaporkan ke bawaslu atau ke kantor polisi, dan akan segera di tindak lanjuti.

    Aksi solidaritas gabungan mahasiswa melanjutkan penyampaian orasinya ke kantor Bawaslu kota Palangkaraya, sebagai bentuk perhatian dalam mengawal pilkada damai 2018.(RMD)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here