Home Kuala Pembuang Pembakar Lahan Akan Ditindak Tegas

Pembakar Lahan Akan Ditindak Tegas

91
0
SHARE

    Seruyan- Kepolisian Resor Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, terus gencar mensosialisasikan ketentuan larangan membuka lahan dengan cara membakar.

    Kapolres Seruyan AKBP Nandang Mu’min Wijaya mengatakan, penanggulangan kebakaran hutan dan lahan telah menjadi salah satu perhatian serius jajaran kepolisian.

    “Harapannya peningkatan sosialisasi dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk bersama-sama menanggulangi atau mencegah karhutla,” katanya di Kuala Pembuang, Selasa (6/3).

    Sosialisasi telah dilakukan dengan beragam cara, mulai dari imbauan langsung hingga pemasangan spanduk serta baliho yang berisi sosialisasi larangan membakar hutan dan lahan.

    “Sosialisasi akan terus dilakukan untuk mengantisipasi munculnya titik api, terutama saat musim kemarau,” jelas Nandang.

    Persiapan Polres untuk mengantisipasi karhutla di Seruyan sudah cukup baik. Namun semua sumber daya itu masih belum cukup jika dibandingkan luas wilayah Seruyan. Hal itu kembali ditegaskan Nandang.

    “Kita berharap dengan adanya kerjasama berbagai pihak maka berbagai kendala dapat diminimalisir sehingga pencegahan dan penanganan karhutla hasilnya jauh lebih maksimal,” katanya.

    Ia menegaskan, setelah dilakukannya sosialisasi ini, pihaknya tidak akan segan-segan menindak tegas dan menjerat para pelaku pembakaran hutan dan lahan sesuai dengan aturan yang berlaku.

    Larangan keras membakar itu berlaku untuk seluruh lapisan masyarakat maupun perusahaan atau pelaku usaha di bidang kehutanan, perkebunan dan pertanian.(AGN)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here