Home Kuala Kurun Ini Buktinya, Puluhan Kilometer Jalan Menuju Kecamatan Rungan Rusak Parah

Ini Buktinya, Puluhan Kilometer Jalan Menuju Kecamatan Rungan Rusak Parah

253
0
SHARE

    Gunung Mas- Akses jalan menuju Kecamatan Rungan, Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalteng, masih banyak yang rusak parah. Tak tanggung-tanggung, terdapat puluhan kilometer jalan yang masih tanah dan sulit dilalui di kala terguyur hujan. Untuk menuju Kecamatan Rungan harus ditempuh empat jam perjalanan darat dari kota Palangkaraya .

    Berdasarkan pantauan poroskalteng.com di lapangan, jalan yang masih tanah itu mulai dari Desa Bereng Jun, Kecamatan Manuhing, Kabupaten Gunung Mas, hingga memasuki Desa Jakatan Raya. Bahkan beberapa diantaranya tidak bisa dilalui bilamana terguyur hujan. Kendaraan yang melewati jalan tersebut bahkan sesekali ada yang terjebak dan tidak bisa melanjutkan perjalanannya lagi karena jalan rusak parah.

    Yatir E Lambang, warga Kecamatan Rungan, menerangkan bila jalan masih rusak, bahan pangan di tempat tinggalnya harganya mahal. Oleh sebab itu dirinya meminta pemerintah segera memperbaiki akses jalan menuju Kecamatan Rungan. “Kalau sudah diperbaiki pasti enak angkutannya. Terutama untuk bahan pangan kita. Karena kalau lambat sampainya, pasti kebutuhan pangan disini mahal. Operasional juga jelas terhambat,” terang Yatir.

    Di tempat berbeda, Dandim 1016 Palangkaraya Letkol Czi Chandra Adibrata menjelaskan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat, perusahaan sekitar, TNI, dan Polri sudah beberapa kali melakukan perbaikan jalan.

    “Sebenarnya TNI, Polri, Pemda, Perusahaan bersama warga sudah pernah memperbaiki jalan. Kalau ada yang rusak, pasti ada yang membantu alat berat, ada yang mengirim bahan material guna perbaikan jalan. Jika rusak, ini sangat menghambat distribusi kebutuhan pokok ke sini (Rungan). Kata warga siap bergotong royong membangun jalan, jika anggara disiapkan dari atas (pemerintah). Bahkan kata warga itu tidak ada itung-itungan lagi,” jelas Chandra.(AGS)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here