Home Lintas Kalteng Lahan Diserobot Perusahaan Sawit, Petani Jadi Petambang Emas di Sungai Rungan

Lahan Diserobot Perusahaan Sawit, Petani Jadi Petambang Emas di Sungai Rungan

272
0
SHARE

    Palangkaraya- Puluhan warga Kelurahan Bukit Sua, Kota Palangkaraya, jadi petambang emas di Sungai Rungan, anak sungai Kahayan. Penyebabnya sederhana, kebun karet mereka kini telah menjadi konsesi perkebunan sawit.

    Hal itu diakui Ade Chandra (36), warga Bukit Sua. Sedikitnya 50 hektare dari lahan 933 hektare yang digarap bersama 35 anggota kelompok Tani Bangking Hapakat kini menjadi lahan konsesi PT Mitra Agro Persada. “Kebun itu digarap sejak 2007. Sebelumnya hutan itu sebagai tempat warga berburu. Lalu kami ajukan untuk dilelola kelompok tani, tapo sekarang digarap perusahaan,” jelasnya.

    Tak hanya Ade yang kehilangan lahannya. Hal serupa juga dirasakan Sunerson (39), dirinya kehilangan 2 hektare lebih lahannya yang berisi 200 pohon karet. “Dari dulu banyak yang menambang emas. Saat ini makin banyak. Kami berharap lahan dikembalikan atau ada ganti rugi pohon kami,” jelasnya.

    Karena kehilangan lahan, Sunerson dan warga lainnya beralih menjadi petambang emas di Sungai Rungan. Tak jarang mereka pun menggunakan merkuri dalam proses pemisahan emas, sehingga terjadi kerusakan lingkungan.

    Aktivitas tambang emas ini sudah mulai mengkhawatirkan, karena alat isap dan mesin tambang angkat beroperasi tak jauh dari permukiman.(AGN)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here