Home Wisata dan Kuliner Berburu Kuliner Kalimantan di Jakarta

Berburu Kuliner Kalimantan di Jakarta

128
0
SHARE

    Jakarta- Bagi anda warga Kalimantan yang sedang berkunjung ke Jakarta, dan kangen dengan masakan khas tanah kelahirannya, tak ada salahnya berburu kuliner khas Kalimantan. di antaranya:

    Nasi Kuning Khas Kalimantan

    Nasi kuning khas Kalimatan dari Kedai Kaltim di Bintaro, Tangerang, Banten, ini sangat berbeda dengan nasi kuning Jawa. Perbedaan terletak pada rasanya yang bener bener berbumbu. Wangi dan penuh rasa. Dimakan nasi saja tanpa lauk sudah sangat enak. Dan nasinya tak bisa sembarang beras, melainkan ada kualitas tertentu untuk dapat menghasilkan nasi kuning yang begitu pulen dan menyerap bumbu seperti ini.

    Apalagi ketika nasi ini dimakan bersama lauknya, ikan haruan masak habang. Usut punya usut ternyata tak hanya cabai yang didatangkan langsung dari Kalimantan, bahkan ikan dan beberapa bahan baku lainnya juga dikirim langsung dari Kalimantan secara berkala. Luar biasa. Kedai kecil yang begitu menjaga kualitas.

    Ikan Patin Bakar Bambu

    Ada dua tempat yang menjadi langganan saya untuk menyantap hidangan yang super lezat ini, yaitu di Karimata Sentul, Kab. Bogor, Jawa Barat dan satu lagi di Pondok Ikan Bakar Kalimantan di Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Keduanya memang di luar Jakarta. Sentul hanya 30 menit dari Jakarta Timur dan Cimanggis juga hanya 20 menit dari Jakarta Timur. Sama sama enak dan tastenya pun nyaris sama.

    Ikan patin pun sama sama berukuran sekitar 30 sentimeter dengan lemak tebal yang manis sedap. Kedua resto ini pun sama sama mengandalkan sambal mangga yang super untuk pendamping Ikan Patin Bambunya.

    Sop Iga khas Kalimantan

    Baru sekali ini saya tahu jika Sop Iga di Kalimantan memiliki taste yang berbeda dengan sop Iga yang biasa saya makan. Resto yang memberitahu saya tersebut adalah Auntie’s Kitchen yang terletak di Kompleks Rukan Puri Mutiara Blok BE no 16 Sunter, Jakarta Utara.

    Sop Iga yang terlalu segar untuk dilewatkan. Meski jika dilihat pada kuahnya terdapat banyak irisan cabai, namun sama sekali tidak pedas. Yang terasa justru asam segar dengan aroma cabai saja tanpa rasa pedas.(KEL)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here