Home Lintas Kalteng Orang Utan Temuan Warga Desa Sungai Raja Akan Dilepasliarkan

Orang Utan Temuan Warga Desa Sungai Raja Akan Dilepasliarkan

89
0
SHARE

    Sukamara- Seekor orang utan nyasar ke kebun pisang dan tebu milik warga Desa Sungai Raja, Kecamatan Jelai, Kabupaten Sukamara, Jumat (23/2).

    Orang utan jantan berbobot 90 kg itu diperkirakan berusia 17 tahun. Warga yang mengetahui keberadaan orang utan itu lalu melapor ke Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Pangkalan Bun, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng.

    Sabtu (25/2), petugas SKW II Pangkalan Bun berangkat ke lokasi untuk menyelamatkan orangutan tersebut. “Jumat kami mendapatkan laporan dari warga Desa Sungai Raja bahwa ada orang utan berkeliaran di kebun milik warga. Bahkan menurut laporan tersebut, diperkirakan orang utan itu sudah berkeliaran selama 15 hari di lokasi tersebut,” ungkap Kepala SKW II Pangkalan Bun Agung Widodo.

    “Tim rescue dari SKW II Pangkalan Bun tiba di lokasi sekitar pukul 10.00 WIB. Setelah beberapa jam melakukan pencarian, sekitar pukul 14.00, tim menemukan keberadaan orang utan itu,” tutur Agung.

    Agar orang utan bisa dibawa dengan aman, primata itu lalu dilumpuhkan dengan peluru bius. “Setelah berhasil dilumpuhkan, orang utan itu kemudian dimasukkan dalam kandang evakuasi. Saat ini orang utan ini sedang menjalani pemeriksaan kesehatan di kantor SKW II Pangkalan Bun. Rencananya orang utan ini akan dilepasliarkan ke Suaka Margasatwa Sungai Lamandau, Senin (26/2),” sebut Agung.(AGN)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here