Home Lintas Kalteng Media Massa Harus Awasi Pelanggaran Dalam Kampanye

Media Massa Harus Awasi Pelanggaran Dalam Kampanye

80
0
SHARE

    Palangkaraya- Dalam upaya pencegahan kecurangan-kecurangan terhadap pemilihan kepala daerah/kota (Pilkada) serentak 2018, di Provinsi Kalimantan Tengah, Badan Pengawas Pemilihan Umum(Bawaslu) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah, mengadakan pertemuan dengan media massa kota Palangkaraya. Kedua lembaga yang bertanggungjawab dalam suksesnya Pilkada, melakukan kerjasama dalam pengawasan kampanye calon Bupati dan Wakil Bupati dan juga Wali Kota dan Wakil Wali Kota se-Kalimantan Tengah.

    Seperti diketahui, untuk Kalimantan Tengah sendiri akan melakukan pilkada serentak di sebelas Kabupaten dan satu Kota.

    Anggota Bawaslu Kalimantan Tengah Edi Winarno menjelaskan, bukan hanya bentuk pengawasan yang diberikan pada media, agar siapa pun yang menemukan kecurangan yang dilakukan oleh pasangan calon (paslon) selama masa kampanye tersebut, berhak melaporkan pada panitia pelaksana pemilu di masing-masing wilayah dengan catatan disertai bukti-bukti kongkrit di lapangan. Hal itu disampaikan dalam media gathering di aula Bawaslu jalan G obos nomor 10, Palangkaraya.

    “Peran pengawasan yang disampaikan juga diberikan haknya pada masyarat dan warga dimana pun mereka menemukan kecurangan kampanye berhak melaporkan ke posko relawan kpu di daerah masing-masing,” ungkapnya.

    Terkait kisruh yang terjadi pada pasangan calon (paslon) Mawardi -Muhajirin (2M), pembatalan yang dilakukan KPU Kabupaten Kapuas, akhirnya harus diambil alih pihak KPU dan Bawaslu Provinsi. “Kita memberikan kesempatan pada paslon di Kabupaten Kapuas untuk melakukan pendaftaran dan verifikasi ulang, sesuai aturan dari KPU setempat,” jelasnya.(RMD)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here