Home Lintas Kalteng Lagi, Tiga Hektare Lahan Warga Terbakar

Lagi, Tiga Hektare Lahan Warga Terbakar

229
0
SHARE

    Palangkaraya- Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di Kota Palangkaraya, Selasa (20/2) sekitar pukul 13.00 WIB. Kebakaran lahan di Jalan Mahir-Mahar tersebut menghanguskan lebih tiga hektare lahan milik warga.

    Kapolres Palangkaraya AKBP Timbul RK Siregar mengatakan, usai mendapat informasi dari warga, pihaknya bersama TNI, Tim Manggala Agni, BPBD, dan Pemadam Kebakaran (Damkar) setempat langsung menuju TKP guna memadamkan api. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 17:00 WIB, atau 4 jam dari laporan awal.

    “Dengan sigap dan peralatan lengkap bersama TNI, Tim Magala Agni, BKSDA, dan Damkar kita berhasil memadamkan api,” kata Timbul didampingi Kabag Ops Kompol Purwanto, usai memadamkan api.

    Timbul menjelaskan, lahan yang terbakar tersebut milik warga yang masing-masing bernama, Mulyati, Made, Sipet, Karya, Gunawan, Susi, dan Yosep. Untuk sementara pihaknya masih melakukan pengambilan keterangan sejumlah saksi untuk memastikan penyebab kebakaran lahan tersebut.

    “Kita masih dalami apa penyebab kebakaran ini. Ada tiga saksi yang kita ambil keterangannya. Jika terbukti kebakaran lahan ini disengaja oleh oknum, maka kita akan menindak tegas sesuai prosedur yang berlaku,” jelas Kapolres.

    Dirinya mengimbau kepada warga khususnya Kota Cantik untuk tidak membakar hutan dan lahan. Pasalnya, karhutla memiliki dampak negatif untuk warga setempat maupun negara. “Seperti yang diketahui bersama karhutla memiliki dampak negatif. Salah satunya kabut asap. Dan kabut asap tersebut berdampak kepada perekonomian, kesehatan, dan mobilitas warga masyarakat, ” ungkap Timbul.(AGS)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here