Home Lintas Kalteng Ada Mantan Bupati Jual Izin Tambang ke Pihak Asing

Ada Mantan Bupati Jual Izin Tambang ke Pihak Asing

100
0
SHARE

    Palangkaraya- Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menuding ada mantan bupati yang menguasai izin pertambangan di daerahnya dan kemudian dijual kepada pihak asing, sehingga dia akan menertibkan izin yang selama ini dikeluarkan bupati.

    “Ada mantan bupati yang mempunyai sampai 15 izin tambang dan kemudian dijual kepada pihak Tiongkok atau India,” ujar Sugianto di Palangkaraya, Kalteng.

    Sebab, lanjut dia, pemerintah kabupaten bisa digugat melalui arbitrase internasional bila izin itu bermasalah. “Jumlahnya mencapai Rp7 triliun. Dari mana kabupaten bisa membayar gugatan? Padahal, yang melakukan adalah mantan bupati,” ujar dia.

    Sugianto mengungkapkan, ada sekitar 400 izin usaha pertambangan (IUP) dan 15 perjanjian karya/kerja sama pengusahaan pertambangan batu bara (PKP2B) yang tersebar di empat kabupaten di sekitar daerah aliran sungai (DAS) Barito.

    Empat kabupaten itu ialah Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara, dan Murung Raya.

    “Saya akan rem mengenai hal ini akan kita lihat mana yang serius dan mana yang hanya jual izin,” tegasnya.

    Menurut Sugianto, apabila hal itu dibiarkan bisa merusak hutan secara cepat. “Di sisi lain, kemakmuran masyarakat sekitar dengan adanya kegiatan itu juga tidak ada,” ujarnya.(RMD)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here