Home Kasongan Rusak Lingkungan, Pemkab Katingan Tutup Mata Terhadap Tambang Ilegal

Rusak Lingkungan, Pemkab Katingan Tutup Mata Terhadap Tambang Ilegal

139
0
SHARE

    Katingan- Pelaku tambang ilegal di wilayah Kalimantan Tengah, kian hari makin marak. Hal ini jelas menimbulkan efek yang begitu mengerikan, baik pada masyarakat sekitar maupun lingkungan hidup yang ada di sekelilingnya.

    Tambang ilegal yang saat ini masih tampak nyata, yaitu di Kabupaten Katingan. Tambang-tambang tersebut dikelola oleh para oknum ini termasuk dalam skala besar.

    Berdasarkan pantauan poroskalteng.com di lapangan, mereka melakukan penambangan dengan alat berat eskavator untuk melakukan pengerukan.

    Belum lagi ratusan unit lanting yang berjejer di sekitar bantaran sungai Katingan, semakin menambah luasnya pencemaran terhadap lingkungan dan udara.

    Masyarakat sekitar pun hanya bisa gigit jari melihat kondisi alam mereka yang semakin hari semakin rusak. Bahkan sungai yang menjadi sumber kehidupan tak lagi bisa dimanfaatkan, terutama airnya.

    Dan warga pun hanya menunggu bencana banjir dan penyakit akibat ulah penambang ilegal tersebut.

    Ironisnya, para pemangku kekuasaan di daerah yang terkenal dengan sebutan Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila seakan tutup mata melihat kondisi alam yang sudah rusak akibat tambang ilegal ini.(RMD)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here