Home Lintas Kalteng Gelar Operasi Yustisi, Satpol PP Jaring 30 Warga Tidak Bawa KTP

Gelar Operasi Yustisi, Satpol PP Jaring 30 Warga Tidak Bawa KTP

166
0
SHARE

    Palangkaraya- Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan operasi pemeriksaan KTP atau yang lebih dikenal operasi yustisi, Kamis (15/2). Dalam melakukan operasi ini, Satpol PP dibantu oleh pihak kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

    Dalam operasi yang berlangsung selama 15 menit di Jalan Diponegoro, kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, petugas gabungan berhasil menjaring 30 warga tanpa membawa identitas diri atau KTP.

    Kegiatan ini sendiri dilakukan sebagai tindak lanjut Perda nomor 4 tahun 2016. “Kita sebagai penegak perda, berkewajiban untuk menertibkan identitas dalam hal ini KTP,” jelas Kabid Rantiban Satpol PP Palangkaraya Walter, S.Sos yang memimpin jalannya operasi kependudukan ini.

    “Kita melihat antusiasme masyarakat soal kewajibannya dalam hal identitas diri. Berdasarkan hasil dari kegiatan kita hari ini, kita melihat animo masyarakat masih kurang dalam hal mengurus dan membawa identitas diri,” terangnya.

    Walter mengungkapkan, bahwa sanksi yang akan diberikan baru berupa teguran. Warga yang tidak bisa menunjukkan KTP kemudian dibawa ke kantor untuk mengisi surat pernyataan.

    “Untuk tindakan selanjutnya, jika warga melanggar lagi akan dikenakan denda sesuai Perda yakni Rp200 ribu untuk WNA dan Rp100 ribu untuk WNI,” tegas Walter.

    Wakter juga akan terus meminta petugas Satpol PP untuk terus melakukan operasi yustisi ini. Tujuannya agar masyarakat lebih peduli dengan identitas mereka ketika akan keluar rumah.(AGS)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here