Home Lintas Kalteng Proyek Siluman di Jalan Penghubung Palangkaraya-Gumas

Proyek Siluman di Jalan Penghubung Palangkaraya-Gumas

65
0
SHARE

    Palangkaraya- Kalangan anggota Komisi D DPRD Provinsi Kalimantan Tengah secara tidak sengaja menemukan proyek diduga `siluman` yaitu perbaikan infrastruktur jalan menghubungkan Kota Palangkaraya-Kabupaten Gunung Mas, tepatnya di Desa Rangan Tate Kecamatan Mihing Raya.

    “Apabila perbaikan jalan ini masuk program pemeliharaan kenapa menggunakan beberapa alat berat,” kata Ketua Komisi D DPRD Kalteng, Artaban saat memantau ruas jalan Palangka Raya-Gumas yang akan di multiyears tahun 2018, Senin (12/2).

    Kalau menggunakan alat berat, berarti harus ada kontrak dan pelaksananya. Apakah nilai kontrak pemeliharaan ini dibawah Rp 200 juta.

    “Kalau di atas Rp 200 juta, ya harus dilelang. Kita yang salah satu tugasnya membidangi infrastruktur tidak tahu mengenai perbaikan ini,” ucapnya.

    Pemerintah Provinsi bersama DPRD Kalteng sepakat menyediakan anggaran sebesar Rp1,3 triliun untuk perbaikan sejumlah infrastruktur dengan pola multiyears yang dimulai pada tahun 2018. Dua dari belasan proyek multiyears tersebut berada di Kabupaten Gunung Mas.

    Artaban mengatakan perbaikan infrastruktur di Kabupaten Gunung Mas itu dari proyek multiyears itu di Petuk Liti sampai Bawan dengan anggaran sekitar Rp70 miliar, dan dari Bawan hingga Kurun dianggarkan Rp60 miliar.

    “Informasinya sekarang ini masih dalam proses lelang. Sembari menunggu lelang, kita mengecek sejauh mana kondisi jalan di wilayah ini. Tapi dalam perjalanan kita melihat ada pengerjaan di sekitar wilayah ini. Kita mengira itu bagian dari multiyears, ternyata tidak. Tapi kita tidak tahu ini proyek apa lagi,” kata Artaban.

    Memantau ruas Palangka-Gumas yang dipimpin Artaban ini tidak hanya turut diikuti Sekretaris Komisi D Jimin, Wakil Ketua Agus Susilasani, dan anggota Abdul Hadi, Rini Widyasari dan Yustina Ismiati, tapi juga perwakilan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalteng.

    Perwakilan PUPR Kalteng Labat Kael mengatakan untuk perbaikan jalan di Desa Rangan Tate Kecamatan Mihing Raya Kabupaten ini bukan bagian dari multiyears yang akan dikerjakan. Informasinya dari Kabid Bina Marga, perbaikan itu merupakan pemeliharaan jalan karena kondisinya sudah rusak.

    “Saya hanya bisa menyampaikan sampai itu saja. Untuk lebih jelasnya silahkan ditanyakan langsung ke Kabid Bina Marga. Saya ini rencananya akan menjadi PPATK untuk proyek Bawan-Kurung. Jadi itu saja yang saya tahu,” kata Labat.(RSD)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here