Home Lintas Kalteng Petambang Kantongi Surat Rekomendasi Gubernur, Tahura Lapak Jaru Dirusak

Petambang Kantongi Surat Rekomendasi Gubernur, Tahura Lapak Jaru Dirusak

136
0
SHARE

    Palangkaraya- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan memeriksa kelengkapan perizinan penambang emas di Taman Hutan Raya Lapak Jaru, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Perusakan di wilayah konservasi, jika itu benar terjadi dinilai sebagai bentuk pelanggaran hukum.

    Hal itu disampaikan Direktur Kawasan Konservasi KLHK Suyatno Sukandar di sela-sela semioloka “Menggalang Kolabirasi Para Pihak untuk Sebangau yang Berkelanjutan”.

    Seperti diberitakan, kawasan konservasi Taman Hutan Raya Lapak Jaru diduga dirusak petambang emas ilegal. Selain ekosistem, beberapa situs obyek wisata juga dirusak karena pembukaan jalan sepanjang 11 kilometer.

    “Penyelesaiannya harus dilihat juga dari sejarahnya, apakah betul masyarakat sudah lama di sana, atau minimal lebih dari 15 tahun. Kalau menambangnya baru kemarin, tanpa ada sejarah di belakangnya? Itu okupasi atau perambahan,” kata Suyatno.

    Pembukaan jalan di Tahura Lapak Jaru dilakukan petambang karena ada surat rekomendasi bupati dan gubernur serta izin penetapan lokasi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kalimantan Tengah yang terbit pada tahun 2017.(AGN)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here