Home Lintas Kalteng Nelayan Minta Pemprov Sediakan Kapal Kapasitas Besar

Nelayan Minta Pemprov Sediakan Kapal Kapasitas Besar

134
0
SHARE

    Kotawaringin Timur- Nelayan di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, meminta bantuan kapal motor berkapasitas besar agar bisa menjangkau laut lebih luas untuk mencari ikan dengan harapan hasil tangkapan lebih banyak.

    “Sekarang kewenangan di laut beralih ke provinsi. Nelayan berharap kapal 30 GT (gross ton) tetap diiizinkan. Kalau tahun 2018 ada bantuan, kalau bisa bantuan kapal 30 GT untuk nelayan di Kotawaringin Timur,” kata Kepala Dinas Perikanan Kotawaringin Timur, Heriyanto di Sampit, Jumat (2/1).

    Nelayan Kotawaringin Timur tersebar di sejumlah kecamatan di kawasan selatan, yakni Teluk Sampit, Pulau Hanaut, Mentaya Hilir Selatan, dan Mentaya Hilir Utara. Sebagian besar tinggal di Desa Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit dan sekitarnya.

    Saat ini nelayan setempat umumnya menggunakan kapal tradisional berkapasitas kecil sehingga daya jangkaunya terbatas. Alat tangkap yang digunakan masih sederhana karena keterbatasan modal.

    Tahun 2016 dan 2017 mereka tidak mendapat bantuan kapal karena terkendala masalah administrasi. Pemerintah tidak bisa merealisasikan bantuan kapal karena nelayan belum memiliki koperasi nelayan yang merupakan syarat mutlak bagi daerah penerima bantuan kapal tersebut.

    “Saat ini koperasi nalayan sudah terbentuk. Makanya kami berharap kalau ada program bantuan kapal tersebut, nelayan Kotawaringin Timur diberi bantuan kapal itu karena sangat dibutuhkan,” kata Heriyanto.

    Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, Efrensia LP Umbing mengatakan, Kementerian Kelautan melakukan moratorium sementara bantuan kapal karena tahun lalu sebagian bantuan tidak bisa direalisasikan karena banyak daerah yang nelayannya belum memiliki koperasi.

    “Tapi sesuai arahan gubernur, kami minta proposal dari Kotawaringin Timur segera diserahkan kepada kami. Nanti kami ajukan ke Menteri dengan surat pengantar dari gubernur,” kata Efrensia.

    Efrensia menambahkan, tahun ini pemerintah pusat akan memperbanyak bantuan alat tangkap untuk nelayan. Kesempatan ini harus dimanfaatkan agar nelayan mendapat bantuan alat tangkap yang dibutuhkan sehingga bisa mendapatkan ikan yang melimpah untuk meningkatkan kesejahteraan.(AGN)

     

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here