Home Lintas Kalteng Rumah Tjilik Riwut, Cafe Bertema Sejarah Kalteng

Rumah Tjilik Riwut, Cafe Bertema Sejarah Kalteng

51
0
SHARE

    Palangkaraya- Palangkaraya di Kalimantan Tengah menawarkan wisata kuliner sekaligus sejarah. Rumah Tjilik Riwut Gallery & Resto bukan sekadar tempat nongkrong asyik, tapi juga tempat belajar sejarah pendiri Palangkaraya.

    Keunikan cafe ini adalah bekas rumah pejuang Palangkaraya yang sangat terkenal yaitu Tjilik Riwut. Tjilik Riwut dianggap sebagai pendiri kota Palangkaraya dan Kalimantan Tengah. Perjuangan beliau bukan hanya secara fisik bertempur tetapi setelah kemerdekaan beliau membangun Palangkaraya yang awalnya hanya hutan rimba, kini kota Palangkaraya dihuni oleh banyak orang.

    Di cafe ini banyak terdapat peninggalan Tjilik Riwut, seperti pakaian, buku-buku peningggalan beliau, foto-foto semasa beliau hidup, dan koleksi pribadi lainnya seperti medali penghargaan, dan Mandau senjata khas Dayak. Untuk menjaga ketahanan buku-buku peninggalannya, beberapa buku tua tidak diperbolehkan untuk dibaca.

    Berbicara mengenai menu kebanyakan masih sama dengan cafe-cafe pada umumnya. Menu makanan utama didominasi makanan olahan dari ikan seperti ikan patin goreng, ikan nila goreng, ikan lais goreng.

    Jika Anda kurang suka makanan dari ikan, Anda bisa memesan ayam goreng, nasi goreng, mie/bihun goreng, rawon, sop iga dan atau sop buntut. Untuk snack, di cafe ini tersedia kentang goreng, singkong goreng, tahu goreng, waffle dan pisang goreng dengan aneka topping yang bisa dipilih sesuai selera.

    Ada satu yang menarik di cafe Tjilik Riwut ini yaitu minuman Baram atau tuak khas Dayak Ngaju. Baram mengandung alkohol namun karena adanya improvisasi dari pengelola, minuman ini bisa dinikmati siapa saja sekarang. Karena saya tidak terbiasa minum minuman beralkohol, saya memesan Ice Cappucino.

    Harga makanan di cafe ini murah dan terjangkau mulai dari Rp 13 ribu hingga Rp 40 ribu. Tak heran banyak pengunjung anak muda Palangkaraya yang datang ke cafe ini. Mereka berkunjung ke cafe ini untuk bersantai dengan teman-teman, bersenda gurau sambil minum kopi atau soft drink.

    Saya suka sekali dengan konsep cafe Tjilik Riwut ini. Suasana cafe yang nyaman, desain interior yang unik, penuh dengan barang-barang bersejarah dari pahlawan Tjilik Riwut. Saya bisa bersantai sambil menikmati kuliner sekaligus berwisata sejarah.

    Belum pernah saya menemukan cafe yang unik ini di Jakarta. Jika Anda ingin mampir ke cafe Tjilik Riwut, datang saja ke Jalan Jenderal Sudirman, Palangkaraya. Cafe ini buka setiap hari mulai pukul 10.00-22.00 Wita malam.(AGN)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here