Home Lintas Kalteng Pemprov Segera Tertibkan Izin Pertambangan dan Perkebunan

Pemprov Segera Tertibkan Izin Pertambangan dan Perkebunan

136
0
SHARE

    Kotawaringin Timur- Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah segera menertibkan izin perusahaan pertambangan dan perkebunan, yang tidak sesuai aturan dan tidak memenuhi kewajiban kepada negara.

    “Kalimantan Tengah memiliki lima kontrak karya pertambangan emas, 15 PKP2B (perjanjian karya pengusahaan pertambangan batubara) dan banyak IUP (izin usaha pertambangan). Kemarin, saya cabut 500 lebih IUP. Saat ini masih ada 400 lebih tambang yang sedang kami rapikan perizinannya,” kata Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran saat kunjungan kerja di Sampit, Rabu (31/1).

    Pemerintah Provinsi terus menertibkan perizinan semua perusahaan yang ada di Kalimantan Tengah. Evaluasi itu tidak hanya terhadap perusahaan pertambangan, tetapi juga perusahaan besar swasta perkebunan kelapa sawit dan lainnya.

    Sektor pertambangan menjadi perhatian serius karena potensinya cukup besar.

    Jika potensi yang ada bisa dioptimalkan, maka akan membawa pemasukan sangat besar bagi daerah untuk membiayai pembangunan dan mendorong peningkatan perekonomian masyarakat.

    Terkait masalah ini, Sugianto telah memerintahkan Kepala Dinas Pertambangan Provinsi Kalimantan Tengah Ermal Subhan untuk memberi surat peringatan kepada perusahaan-perusahaan pertambangan yang tidak memenuhi kewajiban maupun terindikasi melanggar aturan.

    Menurut dia, sumber daya alam Provinsi Kalimantan Tengah sangat besar sehingga seharusnya tidak sampai ada warga yang hidup dalam kemiskinan.

    Banyak perkebunan di atas tanahnya, sedangkan dalam tanahnya banyak bahan tambang seperti emas batubara dan lainnya.

    “Yang kami lakukan bukan mencari-cari masalah atau kesalahan pengusaha, tetapi kami ingin Kalimantan Tengah ini betul-betul membawa berkah bagi seluruh masyarakat. Kita sama-sama mencari makan di provinsi ini, maka sudah seharusnya perusahaan peduli terhadap kondisi daerah dan masyarakat,” kata Sugianto.

    Pemerintah provinsi akan menjalankan kebijakan-kebijakan untuk meningkatan pendapatan asli daerah. Sugianto menegaskan, dirinya tidak akan gentar meski ada upaya oknum-oknum pengusaha nakal yang ingin menyeretnya ke ranah hukum.

    Sugianto yakin semua pihak akan mendukung tekad kuatnya memajukan Kalimantan Tengah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena itulah ia tidak takut berhadapan dengan perusahaan-perusahaan yang mencoba melawan aturan dan merugikan masyarakat.(AGN)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here