Home Lintas Kalteng Dua Produk Olahan Kayu Diekspor ke Eropa

Dua Produk Olahan Kayu Diekspor ke Eropa

104
0
SHARE

    Palangkaraya- Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Palangkaraya, Aratuni D DJaban mengatakan, bahwa pihaknya berencana ekspor dua produk olahan kayu ke pasar Eropa.

    “Pada 2018 ini kita bersama pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah tengah menjajaki kerja sama dengan Swiss melalui kedutaannya agar dua produk kita mampu tembus pasar Eropa. Nantinya, kita juga mendorong produk lainnya untuk tembus ekspor,” kata Aratuni di Palangkaraya.

    Dua produk tersebut ialah sumpit dan gagang sapu, Keduanya telah diekspor ke Taiwan serta sejumlah negara Asia lainnya.

    Dia menerangkan, dipilihnya Swiss karena negara tersebut sebelumnya telah membina salah satu sekolah menengah kejuruan di Kalimantan Tengah.

    “Sehingga kita harapkan proses dan upaya yang kami lakukan lebih mudah karena sebelumnya telah memiliki keterikatan. Melalui Swiss pula kita harapkan produk ekspor kita ini juga mampu menembus pasar ekspor Eropa lainnya,” katanya.

    Dia mengatakan, selama ini kendala ekspor produk hasil olahan kayu terkait ketersediaan bahan baku.

    Selain itu, ekspor yang dilakukan melalui Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) juga menyisakan persoalan tersendiri.

    “Kita sampai saat ini juga belum memiliki data ekspor karena pengiriman kargo dilakukan melalui Kalsel sehingga data ekspor kita masuk di Kalsel,” katanya.

    Pihaknya pun berharap agar nantinya Kalimantan Tengah memiliki pelabuhan yang representatif baik dari segi jadwal keberangkatan kapal dan ketersediaan alat bongkar muat guna memperlancar keperluan ekspor.

    “Kami terus berupaya agar produk kita bisa tembus pasar Eropa sehingga akan menumbuhkan minat masyarakat untuk menjadi pengusaha,” katanya.(AGN)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here