Home Kuala Pembuang Seruyan Anggarkan Rp 30 Miliar Tingkatkan Jalan Penghubung Kecamatan

Seruyan Anggarkan Rp 30 Miliar Tingkatkan Jalan Penghubung Kecamatan

84
0
SHARE

    Seruyan- Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah meningkatkan pembangunan jalan penghubung antar kecamatan terutama Kecamatan Seruyan Tengah dan Kecamatan Seruyan Hulu sejauh 60 kilometer.

    “Tahun ini sudah dianggarkan hingga Rp 30 miliar, sehingga nanti sudah ada jalan yang bisa di aspal,” kata Bupati Seruyan Sudarsono di Kuala Pembuang, Senin (29/1).

    Rencana peningkatan pembangunan jalan penghubung itu dilakukan setelah adanya kepastian pemberian izin pinjam pakai kawasan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) untuk kawasan jalan yang masih berstatus kawasan hutan.

    “Izin pinjam pakai kawasan masih berproses, tapi saya sudah bertemu dengan Menteri LHK dan beliau berjanji prosesnya tidak akan lama,” katanya.

    Orang nomor satu di “Bumi Gawi Hatantiring” ini mengakui, selama ini dirinya memang banyak menerima keluhan masyarakat mengenai kondisi jalan penghubung Seruyan Tengah dan Seruyan yang merupakan satu-satunya jalan akses untuk angkutan barang dan jasa.

    Namun, Pemkab Seruyan tidak dapat berbuat banyak karena jalan penghubung itu masuk dalam kawasan hak pengusahaan hutan (HPH), sehingga perbaikan atau peningkatan jalan tidak bisa dianggarkan melalui APBD.

    Beberapa upaya yang selama ini dilakukan Pemkab hanyalah mendorong partisipasi perusahaan HPH untuk memperbaiki jalan agar dapat dilalui masyarakat. Namun hasilnya tetap belum maksimal.

    Kemudian, sebelum adanya kepastian izin pinjam pakai kawasan dari Kementerian LHK, Pemkab Seruyan sempat berencana mengalihkan akses jalan penghubung antarkecamatan di luar jalur yang disediakan oleh perusahaan HPH.

    Rencana pengalihan jalan tersebut dimulai dari Desa Panyompa Kecamatan Seruyan Tengah kemudian menyusuri 50-100 meter dari tepian Sungai Seruyan hingga ke Desa Mojang Baru Kecamatan Seruyan Hulu.

    “Tapi setelah ada izin pinjam pakai kawasan dari Kementerian LHK, mudah-mudahan pembangunan jalan penghubung bisa ditingkatkan sehingga lalu lintas lebih lancar dan ekonomi masyarakat menjadi lebih baik,” katanya.(AGN)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here