Home Lintas Kalteng Sengketa Lahan Warga-PT AGL Harus Segera Diselesaikan

Sengketa Lahan Warga-PT AGL Harus Segera Diselesaikan

307
0
SHARE

    Palangkaraya- Anggota Komisi IV DPR RI, Rahmat Nasution Hamka siap berperan aktif menyelesaikan sengketa lahan seluas 473 hektar antara warga Desa Goha Kabupaten Pulang Pisau dengan perusahaan perkebunan besar swasta kelapa sawit PT Agrindo Green Lestari.

    Langkah awal menyelesaikan sengketa lahan tersebut dengan menyurati Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau dan PT AGL agar proaktif melakukan musyawarah serta memperhatikan aspirasi warga desa Goha, kata Rahmat di Palangka Raya, Jumat.

    “Apabila surat tersebut tidak disikapi serius oleh Pemkab dan PT AGL, maka saya akan mengambil langkah politik serta mendampingi warga Desa Goha menyelesaikan sengketa tersebut ke jalur hukum. Tapi, sementara ini kita surati dahulu lah,” ucapnya.

    Anggota fraksi PDIP itu mengaku ada bertemu dan mendengarkan keluhan sejumlah warga desa Goha yang lahannya dijual mantan Kepala Desa setempat kepada perusahaan perkebunan atau PT AGL.

    Dia mengatakan keluhan warga tersebut disampaikan kepada dirinya sesuai dengan tugas dan fungsi sebagai Anggota Komisi IV DPR RI yang membidangi langsung masalah pertanian dan kehutanan serta kemaritiman.

    “Saya tentu lebih mudah untuk mengkomunikasikan permasalahan sengketa lahan itu kepada Kementerian terkait. Bahkan saya bisa mengecek sejauh mana izin PT AGL yang dianggap telah merugikan warga desa Goha,” ucapnya.

    Anggota DPRD Kalteng periode 2009-2014 ini juga meminta aparat penegak hukum memproses tindakan yang dilakukan mantan kepala desa Goha menjual lahan tanpa seizin dan sepengetahuan pemilik sebenarnya.

    Dia mengatakan aparat hendaknya jangan tutup mata, atas persoalan tersebut. Jika memang benar ada buktinya, maka wajib diusut dan ditindaklanjuti karena sangat merugikan warga setempat.

    “Keinginan masyarakat tidak lah bersifat mengada-ada, yakni hanya ingin apa yang menjadi haknya untuk kembali memiliki secara penuh atas lahannya. Mengingat pada lahan tersebut, memang ditemui sejumlah tanaman tanam tumbuh, serta terdapat pondok tempat mereka berladang,” demikian Hamka (RSD)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here