Home Nasional Polri Buru Pelaku Pembunuhan Orang Utan

Polri Buru Pelaku Pembunuhan Orang Utan

205
0
SHARE

    Jakarta- Kabareskrim Komjen Ari Dono menegaskan pihaknya serius mengusut pelaku pembunuhan sadis orangutan di Kalimantan Tengah (Kalteng). Pasalnya, peristiwa ini menjadi perhatian dunia.

    “Pelakunya pasti dikejar. Kalau kami tidak bertindak nanti kami akan dikecam,” kata Ari usai acara Rapim Polri 2018 di STIK/PTIK, Jalan Tirtayasa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (25/1).

    Ari mengatakan dunia internasional sangat mengatensi kasus-kasus kekerasan terhadap satwa. Ditambah lagi, status orangutan sebagai satwa yang dilindungi.

    “Pokoknya yang melakukan satu perbuatan pidana, apalagi terhadap binatang yang dilindungi, itu kan langsung menjadi perhatian dunia. Mungkin kalau di Indonesia nggak terlalu seperti apa ya binatang seperti itu. Tapi kalau perhatian dunia terhadap binatang yang dilindungi besar sekali,” jelasnya.

    Menteri LHK Siti Nurbaya sebelumnya mengatakan terdapat 224 perusahaan sawit yang lahannya juga menjadi habitat orang utan di Kalteng

    “Ada 224 (perusahaan sawit yang jadi habitat orangutan) di Kalteng saja. Kini saatnya kita lakukan penataan,” kata Siti kepada wartawan di kantornya, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (19/1).

    Sementara itu, dari total 2,6 juta hektare kebun sawit di Kalimantan Tengah, 461 hektar adalah habitat orang utan. Untuk itu, KLHK akan menyiapkan langkah lebih lanjut.

    “Padahal hidupnya dia melompat dari pohon ke pohon. Di sawit kan nggak bisa. LHK, sekarang Pak Dirjen (KSDAE KLHK Wiratno), akan menyiapkan langkah selanjutnya untuk meneliti,” terang Siti.(KLN)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here