Home Lintas Kalteng Pemkab Kotim Harus Atasi Kekurangan Dokter

Pemkab Kotim Harus Atasi Kekurangan Dokter

74
0
SHARE

    Kotawaringin Timur- Sekretaris Komisi III DPRD Kotawaringin Tengah Hero Harapano meminta pemerintah daerah itu untuk segera mengatasi persoalan kekurangan tenaga dokter.

    “Salah satu cara menyelesaikan masalah kekurangan dokter itu Pemkab harus sediakan program beasiswa?bagi siswa kedokteran yang berprestasi. Siswa itu kemudian dibiayai dengan APBD Kotim hingga lulus studi, setelah itu yang bersangkutan ditarik untuk bertugas di Kotawaringin Timur,” katanya.

    Menurut Hero, soal teknis bukan jadi masalah bahkan dari sisi anggaran komisi III pasti akan mendukung.

    “Selama program itu untuk kebaikan dan kemajuan pemerintah kita akan selalu mendukung,” katanya.

    Hero menegaskan, kedepannya kebutuhan akan tenaga medis itu tentunya sangat tinggi. Apalagi melihat dengan rencana pengembangan RSUD dr Murdjani Sampit dan sejumlah RSUD yang ada dibeberapa kecamatan.

    Hero juga menyarankan agar pemerintah Kotawaringin Timur untuk menerbitkan perbup guna mengatur pemberian beasiswa kepada mahasiswa kedokteran yang berprestasi.

    “Soal teknisnya bisa diatur melalui perbup atau juga bisa melalui Perda untuk mengatur lebih lanjut, yang penting niat antara Pemda dan DPRD itu sejalan untuk menyiapkan tenaga dokter dari putra daerah Kotawaringin Timur,” tegasnya.

    Hero mengakui bahwa selama ini pemberian beasiswa kepada para mahasiswa Kotawaringin Timur tidak pernah disampaikan secara terbuka kepada warga masyarakat.

    “Dengan anggaran 3-5 miliar diposkan untuk pengembangan mahasiswa kita itu tidak rugi juga daerah, itu kita investasi bukan buang-buang anggaran,” ungkapnya.

    Beasiswa terhadap mahasiswa kedokteran berprestasi merupakan investasi jangka panjang sebab jika tidak seperti itu akan sulit mendapatkan dokter, terutama dokter spesialis.(KLN)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here