Home Lintas Kalteng Pemkab Barito Utara Bedah Puluhan Rumah

Pemkab Barito Utara Bedah Puluhan Rumah

183
0
SHARE
Jpeg

    Barito Utara- Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, tahun 2018 melaksanakan bedah rumah melalui program peningkatan kualitas rumah layak huni bagi warga yang tidak mampu di tersebar enam kecamatan di daerah setempat.

    “Bedah rumah ini merupakan usulan warga di sejumlah kecamatan untuk perbaikan rumah warga tergolong kurang mampu sebanyak 50 rumah,” kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Barito Utara, Yaser Arapat di Muara Teweh, Kamis (25/1).

    Menurut Yaser, bedah rumah ini melalui dana APBD kabupaten setempat dengan dana perbaikan maksimum sebesar Rp 20 juta per rumah yang nantinya dikerjakan oleh pihak ketiga.

    Rumah yang dilakukan perbaikan itu antara lain di Kecamatan Lahei dan Gunung Timang masing-masing enam rumah, Kemudian Kecamatan Lahei Barat, Montallat, Teweh Timur dan Gunung Purei masing-masing 5 rumah.

    “Masing-masing rumah warga itu saat ini sedang dilakukan survei tingkat kerusakan dan perbaikan dengan menyesuaikan dana yang tersedia, diperkirakan mulai April nanti perbaikan rumah itu sudah mulai dikerjakan,” katanya.

    Yaser mengatakan tahun ini pihaknya juga mengupayakan tambahan bedah rumah melalui dana APBN berupa Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) bagi masyarakat berpenghasilan rendah atau MBR sebanyak 270 rumah tersebar di sembilan kecamatan.

    Pihaknya kini sedang berkoordinasi dengan Panitia Pelaksana Kegiatan dari Kementerian Umum dan Perumahan Rakyat terkait bantuan bedah rumah tersebut.

    “Bantuan stimulan rumah warga miskin ini bahan bangunannya maksimal senilai Rp 15 juta per rumah, dikerjakan secara swadaya atau gotong royong oleh kelompok masyarakat penerima bantuan,” kata Yaser.

    Sementara Camat Gunung Timang, Syahmiludin A Surapati menyampaikan terima kasih kepada Bupati Barito Utara H Nadalsyah melalui Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan yang langsung menindaklanjuti usulan dari warga Kecamatan Gunung Timang.

    “Usulan dari warga itu agar dapat dilakukan bedah rumah melalui program peningkatan kualitas rumah tidak layak huni bagi warga yang tidak mampu di Desa Kandui Kecamatan Gunung Timang,” kata Syahmiludin.

    Pihaknya bersama Dinas PRKPP Barito UTara didampingi pihak kecamatan Kapolsek Gunung Timang dan jajarannya, Kepala Desa, BPD serta Linmas melakukan peninjauan rumah-rumah yang akan dilakukan bedah rumah.

    “Perlu kami informasikan bahwa Kecamatan Gunung Timang untuk tahap awal ini Insya Allah kita akan mendapat bantuan bedah rumah sebanyak 6 buah yang bersumber dari APBD Kabupaten Barito Utara dan 21 buah rumah bantuan dari dana APBN,” ujar Syahmiludin. (AGN)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here