Home Wisata dan Kuliner Festival Babukung Kembali Digelar

Festival Babukung Kembali Digelar

150
0
SHARE

    Lamandau- Pemerintah Kabupaten Lamandau Provinsi Kalimantan Tengah dalam tahun 2018 kembali menggelar festival Babukung, karena dianggap bukan
    hanya melestarikan seni budaya suku Dayak Tomun, tapi juga dapat menarik wisatawan domestik dan mancanegara.

    Pelaksanaan Festival Babukung tahun 2018 lebih istimewa dibandingkan tahun sebelumnya karena melibatkan tim ahli dari Institut Kesenian Jakarta, kata Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lamandau, Frans Effendi di Nanga Bulik, Rabu.

    Untuk konsepnya tentu akan semakin modern, tapi tetap mengedepankan seni, budaya dan adat istiadat suku Dayak Tomun. Rencanakan festival Babukung akan dilaksanakan sekitar bulan Juli 2018, ujarnya.

    Festival Babukung pertama kali dilaksanakan Pemkab Lamandau pada tahun 2016 dan menjadi agenda rutin setiap tahunnnya. Namun, karena menjadi tuan rumah penyelenggaraan pesta paduan suara gerejawi (Pesparawi) tingkat provinsi, maka festival tersebut tidak dilaksanakan pada tahun 2017.

    Frans mengatakan untuk tahun 2018 Pemkab Lamandau bukan hanya telah menyediakan anggaran penyelenggaraan festival Babukung, tapi juga menjadikan program skala prioritas yang harus dilaksanakan.

    Kita sudah merencanakan dan mengatur kegiatan Babukung tahun ini akan bekerjasama dengan tim ahli dari Institut Kesenian Jakarta (IKJ), yang mana ini sudah kita anggarkan dari APBD tahun 2018,”  ucapnya.

    Plt Kepala Dispar kabupaten Lamandau ini menyebut festival Babukung tidak hanya memberikan manfaat seperti meningkatkan pelestarian seni dan budaya, dari sisi lainnya lagi akan mampu meningkatkan  perekonomian dan menambah pendapatan untuk masyarakat.

    “Saat ini sektor pariwisata telah mendapat
    perhatian cukup serius bagi Pemkab Lamandau yang nantinya akan didahului dengan peluncuran di Jakarta dengan Kementerian Pariwisata Repubik Indonesia,” tegas Frans.(ING)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here